Sunday 5 July 2020

Ada apa di Pangandaran




Rasanya nama Pangandaran sudah tidak asing di dengar sebagian besar orang.  Sudah terbayang aja tentang birunya laut, deburnya yang khas, pantai yang bersih, bermain air dan tentunya berbagai olahan hasil laut yang banyak dijual dari ujung ke ujung. Oya, yang belum tahu, di pangandaran ini kita bisa lihat sunset dan sunrise lo, tergantung di pantai sisi mana kita berada. Yaaaa, saya sih menyarankan bermalam di sini jika memang ingin menikmati tempat ini dengan maksimal. Kebayang gak sih, betapa nanggungnya kalau bermalam di tempat lain dan di sini cuma mampir. Dengan banyaknya spot dan niatan untuk melihat datang dan perginya matahari.

Cukup banyak hotel dan penginapan dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Kalau musim liburan, pastikan melakukan reservasi dulu. Fasilitas di hotel dan penginapan yang ada sudah lengkap, termasuk tempat parkir kendaraan.

Tempat makan? Hmmm, sampai bingung rasanya mau memilih. Tinggal disesuaikan sajalah dengan selera. Untuk urusan rasa, saya sih cocok, tapi namanya juga selera, silakan dicoba saja. 

Tempat oleh - oleh sangat banyak dari kaos, celana, souvenir, pernik-pernik dari kerang, gantungan kunci, topi, tas, kain dan tentunya makanan. Jangan sungkan untuk menawar harga, bersahabat koq, beri juga senyuman.

Untuk yang ingin nongkrong, bisa dimulai dari sekedar nongkrong di pinggir pantai  (yang saat ini sudah tersedia tempat duduk) sampai nongkrong di cafe. Yang mau merasakan nuansa berbeda, bisa juga memilih "kampung turis", dengan jarak yang tidak jauh dari TOL PANGANDARAN.

Ada yang penasaran? Ada jalan tol di Pangandaran? Hahahaha. Jangan tertipu ya, yang dimaksud disini adalah dua jalur utama dari bundaran patung ikan marlin sampai dengan boulevard Pangandaran. Karena jalur ini lebar dan lurus, maka disebut sebagai tol Pangandaran.

Spot bermain sangat banyak, dari naik perahu, snorkeling, memberi makan ikan, memancing, banana boat, menyusuri goa, jogging track, naik kuda, naik ATV, sewa sepeda, dll. Banyak kan?



Sunset disini memang indah, berdoa saja mendapat cuaca yang baik saat kesini. Waktu yang pas untuk mengambil foto sunset sangat terbatas. Jeda antara sinar matahari yang masih menyilaukan dengan menghilangnya termasuk cepat. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengabadikan sunset di Pangandaran ini.




Kegiatan bermain di pantai dibatasi dari jam 6 pagi sampai jam 17, mengingat diluar jam tersebut sudah tidak ada penjaga pantai. Mari tertib demi keselamatan.


Sedikit cerita, semoga bermanfaat. Jangan tinggalkan sampah di pantai.






No comments:

Post a Comment

Pendakian Gunung Lemongan

  Kali ini saya mendaki Gunung Lemongan yang berada di dua kabupaten yaitu Lumajang dan Probolinggo. Saya mengambil jalur Klakah - Lumajang ...