Friday 12 June 2020

Tujuan Studi Kelayakan Investasi

Menurut Jakfar (2012:20) tujuan dilakukannya analisis studi kelayakan investasi ada 5 (lima) yaitu:

Menghindari Risiko Kerugian

Berguna untuk mengatasi terjadinya risiko kerugian di waktu yang datang karena adanya semacam kondisi ketidakpastian. Kondisi tersebut ada yang sudah diprediksi mungkin terjadi, namun ada juga kondisi yang tidak dapat diprediksi. Studi kelayakan berfungsi untuk meminimalkan risiko yang tidak kita inginkan, baik risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan.

Memudahkan Perencanaan

Apabila bisa memprediksi kejadian di masa yang akan datang pasti akan membantu mempermudah pembuatan perencanaan.

Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan

Panduan yang telah tersusun secara sistematis tersebut membantu pelaksanaan usaha lebih tepat sasaran dan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Memudahkan Pengawasan

Pelaksanaan suatu usaha sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan akan mempermudah pengawasan jalannya suatu usaha. Pengawasan ini perlu dilakukan agar tidak menyimpang dari rencana yang telah ditetapkan.

Memudahkan Pengendalian

Apabila dalam pelaksanaan suatu usaha pengawasan telah dilakukan, maka kemungkinan terjadinya penyimpangan dengan mudah terdeteksi sehingga pengendalian dapat dilakukan dengan segera. Pengendalian dilakukan agar suatu usaha tidak menyimpang dari garis yang telah ditetapkan sebelumnya dan tujuan perusahaan dapat tercapai.


No comments:

Post a Comment

Pendakian Gunung Lemongan

  Kali ini saya mendaki Gunung Lemongan yang berada di dua kabupaten yaitu Lumajang dan Probolinggo. Saya mengambil jalur Klakah - Lumajang ...