Sunday 21 June 2020

NYIA : New Yogyakarta International Airport


Berawal dari pertanyaan besar di benak saya, sebagai seseorang yang juga menikmati proses perjalan hidup di Yogyakarta, masa iya belum pernah ke sini. Nah, mumpung ke sini naik kendaraan pribadi, sekalian aja deh masuk untuk melihat bangunan ini dari dekat. Sebagai pecinta dunia konstruksi, ujung-ujungnya yang dilihat juga bagaimana design dan kualitas struktur yang ada.

New Yogyakarta International Airport (NYIA) sudah mulai beroperasi pada Januari 2020. Sebagian besar penerbangan domestik ke dan dari Yogyakarta dialihkan ke NYIA. Dengan lokasi yang berada di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo dan berjarak kurang lebih 42 Km dari pusat kota Yogyakarta, perlu persiapan yang lebih bagi para penumpang pesawat untuk menuju bandara agar terhindar dari keterlambatan. Secara umum kondisi jalan menuju bandara sudah baik, namun dengan kondisi lalu lintas dan beberapa persimpangan menyebabkan waktu tempuh menjadi panjang. Beberapa titik kemacetan yang ada perlu diperhitungkan. Ya semoga saja rencana pembangunan jalan tol yang melalui bandara ini dapat segera terealisasi sehingga perjalanan menjadi lebih singkat.

Secara teknis bandara ini mampu menampung hingga 14 juta penumpang per tahun. Kapasitas ini mencampai sembilan kali lipat dibandingkan dengan Bandara Adisutjipto yang hanya menampung 1.6 juta penumpang. Lokasinya yang berada 200 meter dari garis pantai Laut Jawa sudah dikaji secara teknis tahan gempa 8.8 skala richter serta gelombang tsunami dengan ketinggian 12 meter.

Design bandara ini cukup unik dan berbeda dengan bandara yang lain sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan bandara ini sebagai tempat berfoto terutama di saat sepi. Lahan parkirnya banyak dan luas sehingga lebih mudah menurunkan dan menaikkan penumpang. Proses pembangunan kelengkapan fasilitas masih terus dilakukan sebagai bagian dari pembangunan berdasar masterplan.

No comments:

Post a Comment

Pendakian Gunung Lemongan

  Kali ini saya mendaki Gunung Lemongan yang berada di dua kabupaten yaitu Lumajang dan Probolinggo. Saya mengambil jalur Klakah - Lumajang ...