Sunday 28 June 2020

Ada apa di Sukabumi


Kota Sukabumi berasal dari bahasa Sunda. Yaitu Suka-Bumen, menurut keterangan mengingat udaranya yang sejuk dan nyaman, mereka yang datang ke daerah ini tidak ingin untuk pindah lagi karena suka/ senang Bumen-Bumen atau bertempat tinggal di daerah ini. Kota Sukabumi secara Geografis terletak di bagian selatan Jawa Barat pada koordinat 106 ˚45’50” Bujur Timur dan 106˚45’10” Bujur Timur, 6˚50’44” Lintang Selatan, di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang ketingiannya 584 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 120 km dari Ibukota Negara (Jakarta) atau 96 km dari Ibukota Provinsi Jawa Barat (Bandung). Kali ini perjalan tidak langsung menuju Kota Sukabumi, tetapi langsung ke beberapa tempat wisata yang ada di kabupaten ini.

Pantai Ujung Genteng

Saya sendiri baru sekali ini menuju Ujung Genteng. Dengan posisi di tepian Selatan Pulau Jawa, dan langsung menghadap Laut Jawa, pantai ini menghadirkan pemandangan pantai yang biru dan bersih. Meski memerlukan waktu perjalanan yang tidak pendek untuk mencapi lokasi ini, terlebih dengan adanya beberapa bagian jalan yang masih memerlukan perbaikan, pantai ini layak untuk didatangi. Disini sudah tersedia beberapa spot foto selfie, lokasi memancing, bermain air, penginapan, tempat makan (pastinya olahan hasil laut menjadi menu utama) dan penangkaran penyu. Fasilitas pendukung seperti toilet, kamar mandi dan tempat parkir kendaraan tersedia di sini. Cukup banyak pengunjung ke sini terutama di akhir minggu, walau mereka hanya sekedar duduk bersama rekan satu rombongan untuk ngopi dan bercerita bebas.


Rasa penat selama perjalan menuju Ujung Genteng sudah bisa terbayar lunas dengan mendapatkan pemandangan laut yang biru bersih dan langit biru dengan awan tipisnya yang membuat saya semakin cinta dengan alam.

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan juga merupakan bagian dari Geopark Ciletuh, karena kejar-kejaran dengan waktu, saya hanya sempat kesini tanpa meneruskan perjalan sampai ke curug yang banyak tersebar di daerah ini. Pemandangan hamparan hijau menyejukkan mata saya, hampir tanpa kedip memandangnya dan membuang lamunan. Fasilitas penginapan dan tempat makan tersedia disini dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Pantai Pelabuhan Ratu

Dan kembali ke Pantai. Kali ini saya meneruskan perjalan ke Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai yang panjang dengan beberapa tempat spot wisatanya. Pengunjung bisa memilih mau ke lokasi yang mana. Semua telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Saya sendiri cukup menikmati kelapa muda di tepi pantai, sembari mendengarkan deburan pantai yang membius saya ke beberapa memori masa kecil saya saat ke pantai ini.

Setelah selesai ke beberapa tempat tadi, saya menyusuri Kota Sukabumi menikmati segala hal tentang kota ini. Kota yang tergolong tertata rapi, dengan fasilitas kota yang sudah berkembang. Sebagai kota yang berada di antara Bogor dan Bandung, menjadikan Kota ini sebagai tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. 




No comments:

Post a Comment

Pendakian Gunung Lemongan

  Kali ini saya mendaki Gunung Lemongan yang berada di dua kabupaten yaitu Lumajang dan Probolinggo. Saya mengambil jalur Klakah - Lumajang ...