Sunday 19 July 2020

Seni Dalam Balutan Jemari



Siapa yang belum mengerti apa arti seni?

Ingin rasanya membahasnya secara teori, paling tidak merangkum beberapa dari sekian banyak teori tentang seni yang bertebaran di dunia maya.Tapi bukankah seni juga tentang sebuah kebebasan? Saya lebih suka menyebut dan mengartikan seni secara bebas dari sudut pandang saya saja supaya tidak menjadi jenuh dengan kalimat dalam tinjauan pustaka.

Seni bagi saya adalah =

Tentang diri sendiri (aku)
Tentang sebuah aktualisasi
Tentang imajinasi
Tentang lamunan yang dimuntahkan
Tentang kebebasan
Tentang kebahagian
Tentang dirinya (pihak ketiga)
Tentang diriNya (Sang Pencipta)
Tentang keikhlasan
Tentang keyakinan
Tentang semangat berkembang

Bagaimana dengan Seni Lukis? Tentunya hal-hal tersebut di atas yang dituangkan dalam balutan jemari. Jemari yang bebas dan liar dalam membuat sebuah tentang dan tentang-tentang yang lain ke dalam sebuah media (bisa apa saja), seperti contoh dalam hal ini yang dibuat oleh @nimashitart dalam https://instagram.com/nimashitart?igshid=tii0liogpj7a 



Bicara tentang seni itu tidak ada yang baik dan tidak baik, tidak ada yang jelek dan bagus, tidak ada yang sempurna dan tidak ada yang kurang, karena indra kita memang diberi kebebasan untuk menilai sebuah karya seni. Seni itu berkembang sesuai dengan kedewasaan sang pelaku, karena semua jiwa dan pola pikirnya akan membentuk karya itu sendiri. Beri saja kebebasan sebuah insan untuk terjun dalam dunia ini, dan dilepas bebas tanpa batasan dan arahan sampai dia menemukan jati dirinya.


Selamat berkarya....






No comments:

Post a Comment

Pendakian Gunung Lemongan

  Kali ini saya mendaki Gunung Lemongan yang berada di dua kabupaten yaitu Lumajang dan Probolinggo. Saya mengambil jalur Klakah - Lumajang ...