Friday 5 June 2020

WPAP


WPAP adalah singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait. WPAP merupakan gaya ilustrasi potret manusia (dalam hal ini wajah) yang dibentuk menjadi bidang-bidang datar berkotak dengan pemberian warna yang disesuaikan dengan konsep. Bidang berkotak ini disusun sedemikian rupa agar tetap memunculkan kesan gambar dimensi. WPAP dulu dikenal dengan FMB (Foto Marak Berkotak)

Saat pembuatannya, tidak harus persis dengan acuan foto yang akan ditampilkan, cukup membuat design bergaris dan berkotak dengan tegas sehingga mirip menyerupai aslinya dan tentunya harus mudah dikenali sebagai siapa. Semua serba garis dan tidak ada lengkung menjadi ciri khas dari gaya ini.

Teknik ini ditemukan oleh Wedha Abdul Rasyid yang merupakan seorang seniman grafis asal Pekalongan – Jawa Tengah sekitar tahun 1990. Menjadi popular  saat gambar ini dijadikan ilustrasi pada cerita karya Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya. Terbukti kan kalau ini karya dari Indonesia.


No comments:

Post a Comment

Pendakian Gunung Lemongan

  Kali ini saya mendaki Gunung Lemongan yang berada di dua kabupaten yaitu Lumajang dan Probolinggo. Saya mengambil jalur Klakah - Lumajang ...